PENGGUNAAN CAN-DO LEVEL A2 DALAM KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JEPANG DENGAN METODE PAIRS CHECK

Herniwati Herniwati, Noviyanti Aneros, Wiga Pursita Dewi

Abstract


Abstract: In Japanesse languange writing skills, there’s need a method to develope quality of student writing skill. Pairs Check using Can-Do Level 2 is one of the method. This research was did to 20 students grade II Departement of Japanesse Languange FPBS UPI and the goals of this research are to know the initial skill before and after Pairs Check Method using Can-Do Level A2 applied, to know achievement by samples, to know the obstacles during the study, and to know the respons of the samples. This research using Quasi Experiment Method with one group pretest-posttest design, so that just one class without control class. The data was collected by instrument test (pretest-protest), three times of treatment and questionnaire. According to statistically analysis with t test, the result of t arithmetic value is 13.95. For db=19 with significant 5% the t  table value (13.95>2.09). So that, zero hypothesis declare  that Pairs Check Methode using Can Do Level A2 is not effective applied to develope student skill in sakubun undertanding was rejected. The result proven that there was developed in student essay after Pairs Check using Can Do Level A2 done. According to questionnaire, Pairs Check Methode using Can Do Level A2 in sakubun learning was interested and the theme in Can Do Level A2 compatible using to student grade II.

Keywords : writing skill, pairs check method, can do

 

Abstrak: Dalam pembelajaran menulis bahasa Jepang membutuhkan metode pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kualitas menulis mahasiswa. Salah satunya adalah metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 20 orang mahasiswa tingkat II Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI dan bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal menulis mahasiswa sebalum penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2 dan kemampuan menulis mahasiswa setelah penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2, mengetahui apakah mahasiswa sampel penelitian telah mencapai Can-Do level A2 atau belum, mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2 dan mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain one group pretest-posttest sehingga hanya ada satu kelas eksperimen tanpa ada kelas control. Pengumpulan data penelitian melalui instrument tes (pretest-posttest), tiga kali treatment, dan angket. Berdasarkan pengolahan data secara statistik dengan uji t test menghasilkan nilai t hitung 13,95 Untuk db=19 dengan taraf signifikasi 5% nilai t  tabel adalah (13,95>2,09). Dengan hasil tersebut maka hipotesis nol yang menyatakan metode Pairs Check menggunakan Can-Do level A2 tidak efektif digunakan terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman sakubun dapat ditolak. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terjadi perkembangan pada isi karangan mahasiswa setelah melakukan kegiatan Pairs Check menggunakan Can-Do Level A2. Berdasarkann hasil angket mahasiswa menyatakan bahwa penerapan metode Pairs Check menggunakan Can-Do Level A2 dalam pembelajaran sakubun menarik dan tema sakubun yang ada di dalam Can-Do level A2 cocok digunakan dalam pembelajaran sakubun mahasiswa tingkat II.

Kata kunci : menulis, metode pairs check, can-do


Full Text:

PDF

References


Gultom, M. (2015). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan (Sakubun). Skripsi pada FPBS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Huda, M. (2012). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan). Pustaka pelajar : Bandung.

Setiyadi, B.Ag. (2006). Metode Penelitian Untuk Bahasa Asing Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Sudjianto. (2012). Metode Pengajaran Menulis. Jurnal Bahasa jepang, hlm. 1-11.

Sutedi, D. (2008). Mengatasi Masalah Dalam Pembelajaran Sakubun. Jurnal Bahasa Jepang, hlm. 1-14.

Sutedi, D. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang (Panduan bagi Guru dan Calon Guru dalam Meneliti Bahasa Jepang dan pengajarannya). Humaniora Utama Press: Bandung

The Japan Foundation (2016, 6 Januari) .JF Standard. Diakses dari https://www.jfny.org/language/standard.html

Zainurrahman. (2011). Menulis dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Alfabeta : Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Barista telah terindeks di: