PENGARUH KINERJA MENGAJAR DOSEN DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH TINGGI PARIWISATA BANDUNG

Rohyan Sosiadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini difokuskan pada pengaruh kinerja mengajar dosen dan pemanfaatan fasilitas belajar tehadap efektivitas manajemen pembelajaran di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh kinerja mengajar dosen dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap efektivitas manajemen pembelajaran di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Subjek penelitian dilakukan di  Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung dengan populasinya adalah mahasiswa yang berjumlah 2233 mahasiswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling dan perhitungan  ukuran sampel dilakukan dengan teknik power test.Dengan ukuran sampel minimal sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi kepustakaan, observasi dan penyebaran angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kinerja mengajar dosen dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh terhadap manajemen pembelajaran di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

 

Kata kunci : Kinerja mengajar dosen, Pemanfaatan fasilitas belajar, Efektivitas manajemen pembelajaran

 

Abstract: This study focused on the influence of lecturer teaching performance and the utilization of learning facilities to the learning management effectiveness at Bandung Institute of Tourism. The research objective to identify and analyze the influence of lecturer teaching performance and the utilization of learning facilities to the learning management effective at Bandung Institute of Tourism. This study uses a quantitative approach to the type of explanatory research. Subjects research conducted at the Bandung Institute of Tourism with a student population totaling 2233 students. The sampling technique used in this study is Stratified Random Sampling and sample size calculation was done by using power test. With a minimum sample size of 90 respondents. Data collection techniques used through library research, observation and questionnaires and data analysis technique used is regression analysis. Research findings show that the lecturer teaching performance and the utilization of learning facilities influence on learning management effectiveness in Bandung Institute of Tourism.

 

Keywords: lecturer teaching performance, utilization of learning facilities, learning management effectiveness.


Full Text:

PDF

References


Drucker, P., F. (1997). Managing time of Great Change (Terjemahan). Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia:PengertianDasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.

Malhotra, N. (2010). Marketing Research An Applied Orientation. 6th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2008). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta.

Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business : A Skill Building Approach 2nd Edition. Ney York: John Wiley and Son.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutermeister, R A. (1976). People and Productivity. New York: McGrawHill Book Company


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Barista telah terindeks di: